Hikmah dan Pelajaran dari Lomba Catur

Catur merupakan jenis olahraga yang secara fisik tidak membutuhkan gerak banyak. Hanya duduk, bahkan bisa sembari makan dan minum. Namun demikian bukan berarti olahraga jenis ini tidak melelahkan si pemainnya. Pada saat berpikir menyelesaikan pertandingan lomba catur, para peserta lomba dituntut untuk dapat berpikir, menemukan cara dan strategi dalam menghadapi lawan. Otak berpikir secara keras, dan energi yang digunakan otak untuk berpikir berasal dari sumber-sumber protein yang Anda makan
.
Catur Sebagai Olahraga Otak
Jika diibaratkan dunia pekerjaan, lomba catur mirip dengan profesi penulis. Para penulis secara fisik tidak melakukan banyak aktivitas, hanya duduk berjam-jam di depan laptop atau komputer. Duduk yang berjam-jam itu, cukup besar energi yang digunakan untuk berpikir, mencari ide dan menyelesaikan tulisan. Energi yang digunakan sama dengan yang digunakan pada saat bermain catur. Yakni dari energi makanan yang banyak mengandung protein. Sangat dianjurkan bagi para pemain catur maupun penulis untuk banyak mengkonsumsi susu, terutama pada saat berpuasa di siang harinya.
Permainan lomba catur merupakan bentuk olahraga yang mengasah kecerdasan dan daya pikir para pemain. Orang-orang dengan tingkat intelektualitas yang baik akan mudah memahami jenis olah raga ini. Indonesia dengan pemain catur senior Putu Ardianto terus berupaya memunculkan generasi muda sebagai bibit-bibit Putu Ardianto yang lain.
Hikmah Lomba Catur bagi Kehidupan 
Meskipun hanya duduk saja dan tidak tampak melakukan banyak gerakan fisik yang melelahkan, lomba catur memiliki banyak pelajaran yang bisa Anda ambil untuk implementasi kehidupan sehari-hari, diantara hikmah pelajaran dari lomba catur tersebut adalah sebagai berikut:
1.  Melatih Pikiran Kreatif Menciptakan Strategi
Lomba catur menuntut para pemain kreatif menciptakan strategi menakklukkan lawan. Seorang pemain catur harus jeli melihat langkah gerakan lawan. Apa tujuan dari setiap gerakan pion, star, raja, kuda dan sebagainya. Adakalanya gerakan yang dilakukan lawan merupakan bentuk jebakan dan pancingan agar Anda lengah dalam menghadapinya. Saat lengah itulah maka musuh akan menghabisi gerakan kita.
Pemain catur harus bijak merancang strategi penyerangan, tidak hanya bertahan saat diserang pasukan musuh, tapijuga harus menakklukkan kerajaan lawan. Apabila Anda implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka aturan lomba catur ini sangat sesuai jika Anda terapkan untuk menaklukkan berbagai persoalan kehidupan yang Anda jalani. Seseorang dalam menjalani dan menghadapi berbagai permasalahan hidup dituntut mempunyai strategi bijak dalam menghadapi. Anda perlu memandang sebab dan akibat segala sesuatu yang Anda kerjakan, memprediksi apa yang akan terjadi dengan kehidupan sebagai akibat perbuatan Anda hari ini.
2.  Tenang Dalam Menghadapi Berbagai Persoalan
Pernahkah Anda melihat seorang pemain catur yang sibuk berlari kesana kemari karena pusing memikirkan kerajaan caturnya diserang musuh? Tidak bukan? Catur mengajarkan pada Anda untuk dapat selalu tenang dalam menghadapi segala pergolakan dan permasalahan hidup.
Yang terpenting adalah mengatur dan menciptakan strategi untuk memenangkan, bukan melakukan keributan berbagai aktifitas fisik. Lomba catur mendidik Anda untuk selalu sabar dan tenang dalam menjalani hidup. Lihatlah saat raja kerajaan catur nyaris terbunuh oleh seorang prajurit, apakah para pemain catur ikut-ikutan ribut mengasah pedang untuk bertarung? Catur mendidik Anda untuk arif dalam mengahadapi hal-hal sulit dan membahayakan.
Sudah cukup jelas bahwa lomba catur menuntut energi pikiran Anda bekerja. Akibat dari proses aktivasi otak dan daya pikir Anda yang selalu dilatih, maka sensitifitas kecerdasan Anda pun akan meningkat.

Post a Comment

advertise
advertise
advertise
advertise